Memisahkan kata per kata dalam suatu alamat

Baru-baru ini saya melihat ada kasus di blog “guru” saya yang pernah saya alami. Dengan tidak bermaksud sok tahu, saya ingin mencoba membantu dengan menggunakan pengalaman yang saya dapat selama ini.

Kasusnya seperti ini:

“mas kalau kasusnya gini
jalan sukahaji nomor 14 bandung
jalan sukasari nomor 15 tegal
jalan permata nomor 19 Cikarang
jalan maju nomor 19 Tasik
jalan mundur nomor 20 Bekasi
jalan ridwan nomor 24 depok
jalan hutomo nomor 39 jakarta
jalan sutomo nomor 55 indramayu

untuk mengambil nama kotanya saja bagaimana ? kalau pake =mid satu2.yang saya inginkan secara bersamaan.1 sample yang dimasukan rumus,trus tinggal copy ke bawahnya.gitu maksud saya mas,jadi gak usah satu satu dimasukan rumus.. makasih.”

Salah satu solusi (mungkin) yang bisa saya bagikan adalah dengan menggunakan Excel 2007, klik Menu Data. Blok terlebih dahulu sejumlah alamat yang ingin dipisahkan kata per kata-nya. Kemudian, klik Text to Columns. Seperti gambar di bawah ini:

Klik Text to Columns

Oiya, sebelum dilanjutkan. Pemilihan Text to Columns akan membuat database alamat menjadi rusak alias tidak bisa di ubah lagi seperti semula. Saran saya, buatlah copy-an database alamatnya.

Setelah klik Text to Columns, akan muncul kotak Convert Text to Columns Wizard – Step 1 of 3. Abaikan saja lalu klik next, seperti gambar di bawah ini:

Text to Columns - Step 1 of 3

Setelah itu akan muncul kotak Text to Columns – Step 2 of 3. Pada bagian ini, beri tanda cek pada pilihan Space dan Tab. Tujuan memilih Space adalah untuk memisahkan kata per kata dalam suatu alamat. Pada kasus ini kata per kata dipisahkan dengan Space.spasi dan tidak ada tanda baca koma (,) atau tanda hubung (-). Berikut gambar jelasnya:

Text to Columns - Step 2 of 3

Setelah itu akan muncul kotak Text to Columns – Step 3 of 3. Pada tahap ini akan diberi pilihan. Pada kasus ini saya memilih General, lalu klik Finish. Berikut gambar lengkapnya:

Text to Columns - Step 3 of 3

Seperti yang saya sebutkan di atas, langkah ini hanya bergua jika kita ingin mengambil kata tertentu dengan jumlah kata relatif sama. Karena dalam kasus ini hanya akan diambil nama Kota saja. jadi tidak akan jadi masalah. Akan jadi masalah kalau ternyata database terdapat perubahan yang tentunya dibutuhkan pengulangan langkah-langkah di atas.

Terima kasih sudah membaca artikel saya. Kirim kritik dan sarannya ya…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s