Membuat Nomor Urut di Layar Kerja Excel (2007)

MariBelajarExcelBersama mengajak Pembaca yang budiman untuk bisa membantu teman-teman yang membutuhkan bantuan, khususnya di program Excel. Semoga Blog ini bisa menjadi sarana yang berarti buat siapa saja yang ingin belajar banyak mengenai Excel, sekaligus menjadi ajang berdiskusi memecahkan masalah yang dihadapi Pembaca.

Hal yang sepele memang jika kita ingin membuat nomor urut atau bilangan dengan skala yang sama. Misalnya jika kita ingin membuat nomor urut 1 sampai 10, kita cukup mengetikkan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10 seperti contoh berikut:

Bagaimana jika nomor urut yang harus diketik sebanyak 100, 200, 300, atau lebih? Apakah kita harus mengetik manual? Jawabannya: “tidak perlu…” Jika Nomor urut 1 ada di kotak A1, kita cukup mengetik Rumus =A1+1 di kotak A2, seperti contoh berikut:

Setelah rumus tersebut diketik di kotak A2, langkah selanjutnya adalah mengarahkan ujung kursor di bagian kanan bawah dari kotak A2 lalu drag sampai di kotak A10 (jika ingin membuat nomor urut sampai 10), seperti berikut:

Setelah cursor dilepas, hasilnya akan seperti berikut:

Kelebihan rumus tersebut adalah jika kita ingin membuat kelompok 10-10 dari sejumlah 20 data, maka dengan sendirinya akan mengikuti dari nomor 1 (nomor 1 diketik manual di kotak A11), seperti berikut:

Ketik manual angka 1 di kotak A11

Setelah mengetik angka 1 di kotak A11 secara manual, lalu tekan enter. Hasil akhirnya seperti berikut:

Hasil akhir setelah ketik angka 1 di A11

Untuk melihat video tutorialnya silahkan klik video berikut:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s